Beranda » Info Wisata » 17 Destinasi Wisata Pantai Mainstream di Bali yang Masih Asyik untuk Dikunjungi

Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang sering mendapat julukan “The Last Paradise”. Tak heran memang karena Bali menyimpan segudang potensi pariwisata yang patut menjadi perhatian, baik dari wisatawan nusantara sendiri maupun wisatawan mancanegara. Pulau ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan ke Bali terus meningkat. Salah satu destinasi wisata di Bali yang paling populer adalah wisata pantai. Sebenarnya ada puluhan pantai di Bali yang recommended untuk dikunjungi dan sudah dibuka untuk umum. Diantaranya ini 17 destinasi wisata pantai mainstream di Bali yang masih asyik untuk dikunjungi:

1. Pantai Sanur

Pantai Sanur@crewbali

Pantai Sanur seringkali disebut-sebut sebagai “Pantai Matahari Terbit” yang tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat pagi hari. Pantai ini berlokasi di timur Kota Denpasar dengan karakteristik ombak yang sangat tenang. Pengunjung bisa bermain di sekitar pantai dengan aman karena memang termasuk pantai yang landai. Pantai ini cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving bagi pemula karena arusnya yang tidak deras. Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Sanur adalah menjelang fajar. Anda bisa datang ke pantai ini maksimal pukul 5 pagi untuk mendapatkan mmen indahnya matahari terbit. Pantai ini sudah sangat populer, jadi untuk mendapatkan akses ke pantai ini tidaklah sulit. Warung dan penginapan pun mudah ditemukan di sekitar pantai ini.

2. Pantai Serangan

Pantai Serangan berada di Pulau Serangan yang ada di sisi selatan Pulau Bali. Pantai Serangan memang belum banyak terekspos, sehingga tak heran jika pantai ini masih sepi pengunjung. Ombaknya yang tenang dan suasana yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan membuat pantai ini cocok untuk menenangkan diri. Akses ke pantai ini tidak sulit karena pasca reklamasi terdapat jembatan penghubung untuk menuju ke Pulau Serangan. Sehingga kendaraan bermotor maupun bermobil pun bisa menuju ke lokasi wisata ini.
Ada beberapa kegiatan yang bisa pengunjung lakukan di Pantai Serangan, seperti berenang, olahraga water sport, memancing maupun jika ingin melakukan kegiatan surfing. Pantai ini bisa jadi pilihan Anda yang ingin mendapatkan pantai yang jauh dari keramaian.

3. Pantai Kuta

Pantai Kuta Bali @crewbali

Siapa yang tidak kenal Pantai Kuta? Hampir sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Bali tidak pernah melewatkan pantai ini. Apalagi Pantai Kuta jadi satu-satunya pantai yang paling strategis berdasarkan lokasinya. Pantai ini berada dekat dengan pusat Kota Denpasar dan Bandara Internasional Ngurah Rai. Sehingga tak heran jika pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Hingga saat ini Pantai Kuta masih jadi pantai yang paling populer di Pulau Bali. Ombak di pantai ini sangat cocok untuk untuk kegiatan surfing karena memang pantainya yang menghadap langsung ke Samudra Hindia.
Selain surfing, di Pantai Kuta pengunjung bisa berjemur, berenang atau sekedar bermain air saja. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Kuta adalah saat menjelang sore. Karena di pantai ini Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam di ufuk barat. Sangat cocok untuk pengunjung yang ingin berwisata malam di sekitar pantai ini.

4. Pantai Legian

Pantai Legian Bali @crewbali

Selain Pantai Kuta, Pantai Legian ini juga dekat dengan pusat kota dan hanya berjarak kurang lebih 7 km dari Bandara Ngurah Rai. Pantai Legian masih berada di satu garis pantai dengan Pantai Kuta, namun tidak seramai Pantai Kuta. Pantai ini juga memiliki pasir putih halus nan bersih. Jika ingin mencari lokasi surfing yang tidak padat pengunjung, pantai ini bisa jadi pilihan Anda. Di pinggiran pantai juga banyak yang menyewakan peralatan surfing. Daya tarik pantai ini terlihat dari pesisirnya yang landau dan terbentang dari sisi utara Pantai Kuta hingga sisi selatan Pantai Seminyak.

5. Pantai Seminyak

Pantai Seminyak Bali @crewbali

Pantai Seminyak juga berada di satu garis pantai dengan Pantai Kuta dan Pantai Legian. Dulunya pantai ini masih sepi pengunjung, namun sejak beberapa tahun terakhir ini Pantai Seminyak mulai dipadati wisatawan, terutama yang ingin mencari lokasi surfing yang sepi. Penduduk sekitar pantai ini pun juga ikut mengembangkan fasilitas di sekitar pantai mulai dari warung makan hingga penginapan murah. Di sepanjang jalan setapak menuju pantai ini Anda akan disuguhi jajaran warung makan dari yang paling murah hingga yang paling mahal.

6. Pantai Petitengget

Pantai Petitengget

Mungkin Anda belum familiar dengan salah satu pantai di Bali ini. Pantai Petitengget memang belum banyak tereskpos media. Namun jangan salah, pantai ini juga menawarkan eksotisme pantai selatan yang indah. Di pantai ini Anda akan disuguhkan pemandangan matahari tenggelam. Jadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah sore hari. Disini pengunjung bisa melakukan kegiatan berenang, surfing, berjemur maupun olahraga ringan. Pantainya luas dan landai, jadi cocok dan aman untuk bermain-main di bibir pantai. Dari segi fasilitas, di pantai ini juga sudah cukup lengkap seperti restoran, penginapan dan area parkir yang luas.

7. Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa

Selain Pantai Kuta, wana wisata Tanjung Benoa juga jadi destinasi yang paling populer di Pulau Bali. Di kawasan Pantai Tanjung Benoa pengunjung dimanjakan dengan aneka olahraga air yang menantang seperti banana boat, parasailing, jet ski hingga flyboarding. Ombaknya yang tenang, di pantai ini Anda juga bisa mengunjungi lokasi penangkaran penyu di Pulau Penyu dengan menggunakan glass bottom boat, yakni perahu yang bagian bawahnya terbuat dari kaca. Jadi pengunjung bisa melihat pemandangan bawah laut tanpa melakukan snorkeling.

8. Pantai Geger Nusa Dua

Pantai Geger Nusa Dua Bali @crewbali

Daya tarik Pantai Geger Nusa Dua ini dilihat dari lokasi yang berada di tempat yang tersembunyi. Banyak pengunjung yang mengaku penasaran dengan pantai ini karena lokasinya yang jauh dari keramaian kota. Sangat cocok untuk wisatawan yang ingin mendapatkan privasi di pantai. Fyi, pantai ini berada di kawasan adat masyarakat Bali Peminge, Sawangan. Pantainya masih sangat alami dan bersih dengan pasir putih halus. Recommended dijadikan sebagai tempat untuk rileksasi dan refreshing.

9. Pantai Waterblow Nusa Dua

Pantai Waterblow Nusa Dua

Rasakan sensasi ombak yang menghatam batu karang di Pantai Waterblos Nusa Dua. Inilah mengapa pantai ini dinamakan Pantai Waterblow karena hempasan buih gelombang yang bisa menjulang tinggi hingga 4 meter jadi pemandangan yang tidak boleh dilewatkan kamera Anda.
Lokasi pantai ini cukup strategis yakni berada sekitar 30 menit dari Bandara Ngurah Rai Bali. Pantai Waterblow Nusa Dua berada tepat di belakang hotel Grand Hyatt Nusa Dua. Pengunjung bisa masuk ke kawasan BTDC Nusa Dua sebagai salah satu kawasan elit dengan hotel-hotel yang memiliki harga selangit. Sampai di kawasan ini, Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar rute menuju ke Pantai Waterblow yang hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Lokasi pantai dan tempat parkir lumayan jauh.

10. Pantai Pandawa

Di Pantai Pandawa, Anda akan disuguhkan hamparan pasir putih dengan air yang jernih. Pantai ini memang masih cukup bersih meskipun saat ini Pantai Pandawa selalu ramai pengunjung. Pantai Pandawa berada di Desa Kutuh (sekitar 10 km dari bandara Ngurah Rai) dan sering mendapat julukan sebagai “Pantai Rahasia”. Ombak di pantai ini juga cocok untuk kegiatan surfing. Uniknya, di pantai ini pengunjung dapat menemukan gua buatan manusia lengkap dengan patung kelima Pandawa dan pahlawan-pahlawan dari zama Mahabaratha. Sayangnya, untuk menuju ke lokasi pantai ini pengunjung tidak dapat menggunakan kendaraan umum, sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.

11. Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung

Butuh tantangan tersendiri untuk menuju ke Pantai Gunung Payung ini karena pengunjung harus melewati 250 hingga 300 anak tangga. Jika ingin mencari suasana pantai privat, Anda bisa memilih Pantai Gunung Payung yang berada di daerah Badung, Bali ini. Airnya cukup tenang, sehingga cocok untuk sekedar bersantai di pinggiran pantai. Tips mengunjungi pantai ini, jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Karena pantai ini jauh dari toko atau warng makan. Jangan tinggalkan sampah dalam bentuk apapun untuk menjaga pantai ini agar tetap bersih dan indah.
Lokasi Pantai Gunung Payung berada di Desa Kutuh, Kuta selatan, Kabupaten Badung. Pantai ini berada kurang lebih 4,5 kilometer dari Pantai Pandawa. Ada sebuah pura bernama Gunung Payung yang berada di kawasan pantai. Nama pura inilah yang akhirnya digunakan untuk nama pantai.

12. Pantai Melasti

Pantai Melasti

Jika Anda mengunjungi Taman Garuda Wismu Kencana, Anda bisa menyempatkan mampir ke Panti Melasti yang kurang lebih berada 2 km dari GWK. Anda bisa menggunakan trasnportasi umum untuk menuju ke lokasi wisata pantai ini. Spot foto menarik di pantai ini justru dari jalur ke pantai yang berliku-liku menuruni tebing tinggi. Kelokan-kelokan tersebutlah yang membuat Pantai Melasti bisa jadi spot foto yang instagrammabel banget. Selain itu, di pantai ini pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam. Namun pantai ini kurang cocok untuk bermalam.
Tidak hanya dikunjungi wisatawan nusantara saja, Pantai Melasti lambat laun juga didatangi wisatawan mancanegara. Pantai Melasti adalah wisata pantai yang indah di Kuta Selatan. Hamparan lautnya yang berwarna biru dengan pasir putih membuat pantai ini menarik untuk dikunjungi. Sangat eksotis, Anda tidak boleh melewatkan pantai ini jika sedang berada di kawasan Desa Ungasan, Bali.

13. Pantai Dreamland

Pantai yang berada di daerah Pecatu ini dikelililingi deretan tebing tinggi yang indah. Menemukan lokasi Pantai Dreamland ini juga tidak sulit. Pantai ini berada 30 menit dari Pantai Kuta dan masih berada di kawasan Denpasar Kota. Tidak seperti Pantai Kuta, Pantai Dreamland masih sepi pengunjung. Sehingga cocok untuk pengunjung yang ingin mendapatkan suasana yang tenang.
New Kuta Beach merupakan nama lain dari pantai ini. Pantai ini memiliki ombak yang sangat besar dan kuat. Sehingga pantai ini sangat disukai oleh peselancar profesional yang menyukai tantangan ombak besar. Pantai ini kurang cocok untuk pengunjung yang mengajak anak-anak karena pantainya yang cukup berbahaya dengan arus yang kuat.

14. Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang Bali @crewbali

Pantai Padang-Padang juga termasuk destinasi wisata baru di Bali yang belum terkenal. Pantai ini berada di balik sebuah tebing di kawasan Pecatu. hanya pengunjung Uluwatu saja yang biasanya menyempatkan untuk mengunjungi pantai ini. Walaupun masih sepi, pantai ini juga menyajikan keindahan pantai yang bersih dan unik. Apalagi untuk menjangkau pantai ini pengunjung harus melewati goa yang hanya bisa dilewati satu orang saja.
Daya tarik Pantai Padang-Padang adalah adanya tebing tinggi dengan pasir yang putih dan halus. Pantai ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja loh, melainkan sudah diketahui dunia melalui film layar lebar “Eat Pray Love” yang dimainkan Julia Roberts. Sehingga tak heran jika wisatawan macanegara pun mulai berdatangan ke pantai ini. Ombak di Pantai Padang-Padang terkenal ganas, sehingga pantai ini sering dilirik para peselancara profesional. Bahkan pantai ini sering dijadikan sebagai tuan rumah untuk kompetisi selancar kelas dunia. Anda bisa berkunjung ke pantai ini pada sore hari menjelang petang jika tidak ingin melewatkan keindahan matahari terbenam.

15. Pantai Balangan

Pantai Balangan

Pantai Balangan juga termasuk salah satu pantai di Bali yang menghadap ke Samudra Hindia. Namun lokasinya yang menghadap ke barat, pantai ini bisa jadi spot yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam. Pantai Balangan berada di Kabupaten Badung, Bali. Pantai Balangan berada di Desa Ungasan, Jimbaran, Kuta Selatan Bali. Dari Bandara Ngurah Rai kurang lebih 55 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua. Pantai ini berada jauh dari keramaian kota.
Dulunya memang pantai ini sangat sepi pengunjung. Apalagi tidak ada akses kendaraan umum yang menuju pantai ini. Namun baru-baru ini Pantai Balangan dikabarkan sangat padat pengunjung. Penginapan dan resto-resto di sekitar Pantai Balangan juga mulai dikembangkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah menjelang sore. Tenang saja, karena pada malam hari pun pantai ini masih ramai pengunjung. Inilah mengapa Pantai Balangan tidak lagi menjadi pantai tersembunyi.

16. Pantai Tegalwangi

Pantai Tegalwangi

Keindahan pantai Tegalwangi sering dijadikan sebagai lokasi foto prewedding. Pantai dengan pasir putih dan masih bersih ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah. Airnya yang berwarna kehijauan membuat pantai ini semakin indah dipandang. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan matahri terbenam di pantai ini. Uniknya, di pantai ini terdapat sebuah gua yang bisa jadi spot foto keren. Namun harus tetap berhati-hati jika saat airnya pasang, gua tersebut akan dipenuhi genangan air.

17. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran Bali @crewbali

Jika Anda mencari lokasi wisata malam di Bali, mungkin Pantai Jimbaran ini bisa jadi alternatif yang tepat. Pantai ini memang tidak ramai pada siang hari, namun saat malam hari Pantai Jimbaran sangat ramai pengunjung. Ini karena Pantai Jimbaran menawarkan wisata kuliner yang memang hanya buka ketika menjelang malam hari. Ada banyak warung atau resto yang berderet disepanjang jalan. Aneka hidangan laut bisa Anda temukan di pantai ini. Apalagi bahan hidangan laut didapatkan langsung dari nelayan setempat di pantai ini. Suasana makan malam Anda semakin romantis dengan adanya alunan musik yang mengiringi.
Itulah 17 destinasi wisata pantai antimainstream di Bali yang masih asyik untuk dikunjungi. Pantai mana yang menurut Anda paling keren untuk dikunjungi? Selamat berlibur. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang merencanakan liburan ke Bali dalam waktu dekat ini.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.