Beranda » Adventure » 9 Aktivitas Wisata Seru di Bali yang Sayang Dilewatkan

Potensi pariwisata di Bali memang tidak perlu diragukan lagi. Dari tahun ke tahun, kunjungan wisatawan ke Bali diperkirakan akan terus meningkat, baik dari wisatawan lokal maupun manca negara. Pulau Bali memiliki segudang surga dunia yang sayang untuk dilewatkan.Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata religi hingga wisata kuliner bisa Anda temukan di Pulau Seribu Pura ini.

Meskipun masyarakat Indonesia sendiri sudah mengenal Bali sejak lama, namun banyak yang mengaku masih bingung harus memilih wisata mana saat berkesempatan liburan ke Bali. Sebenarnya tidak hanya Pantai Kuta saja yang memang jadi ikon-nya Pulau Bali, Anda bisa mengunjungi 9 aktivitas wisata seru di Bali yang sayang dilewatkan. Ada wisata apa saja? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini:

  1. Rafting di Sungai Ayung

Salah satu sungai terpanjang di Pulau Bali ini bisa menjadi alternatif destinasi liburan Anda di Bali yang anti mainstream. Sungai Ayung sendiri memiliki panjang mencapai 62,5 km yang bermuara di Sanur. Sungai ini mengalir melewati Badung, Gianyar, Bangli dan Kota Denpasar.Oleh penduduk setempat dan pemerintah, sungai ini disulap sebagai arena bermain yang menantang adrenalin yakni rafting. Para penggemar olahraga arung jeram mungkin sudah familiar dengan Sungai Ayung. Namun jangan khawatir, lintasan jeram di Sungai Ayung recommended untuk pemula dengan grade II sampai III. Rafting di Sungai Ayung juga cocok untuk kalangan berusia minimal 7 tahun.

Menikmati rafting di Sungai Ayung, Anda akan menempuh track atau lintasan sepanjang kurang lebih 12 km (sekitar 2 jam perjalanan). Dari start point hingga ke finish dijamin Anda tidak akan bosan. Karena di titik-titik tertentu Anda akan disuguhkan spot-spot yang menantang adrenalin. Daya tarik lain dari rafting di Sungai Ayung ini adalah adanya pahatan-pahatan atau relief cerita ramayanan sepanjang 1 km layaknya dinding sungai. Anda bisa berfoto ria saat mendapati spot ini. Di tebing-tebing sungai terdapat banyak villa, resort dan hotel-hotel ternama. So, di lokasi rafting ini Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan warung makan dan penginapan.

Waktu penjemputan untuk rafting di Sungai Ayung sendiri terbagi menjadi 2 sesi yakni pagi hari dan siang hari.Namun waktu terbaik untuk rafting disini adalah saat pagi hari karena udah di sekitar yang masih sangat fresh.Dalam satu perahu rafting hanya diperbolehkan untuk maksimal 4 orang penumpang dan 1 guid, tidak boleh lebih.

  1. Rafting di Sungai Waja

Selain Sungai Ayung, Bali juga punya Sungai Waja sebagai spot untuk wisata rafting. Sungai ini cenderung disukai oleh wisatawan asing, terutama wisatawan dari Australia, Hong Kong, Sngapura dan Malaysia.Ini karena Sungai Waja menawarkan lintasan jeram yang jauh lebih menantang daripada rafting di Sungai Ayung. Apalagi pemandangan di Sungai Waja masih sangat alami, segar dan bersih karena lokasinya yang berada di pedesaan. Selain itu, harga yang sangat terjangkau untuk rafting di Sungai Waja juga membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Meskipun murah, pihak pengelola tidak mengabaikan kualitas pelayanan, peralatan dan juga keselamatan peserta rafting.

Meskipun bukan sungai terpanjang, namun lintasan jeram di Sungai Waja jadi yang paling panjang di Bali, yakni mencapai rute 16 km perjalanan atau sekitar 2,5 jam untuk menyelesaikan lintasan.Akan tetapi, waktu tempuh bisa lebih cepat maupun lebih lama tergantung dari kecepatan arus pada saat itu dan juga kekompakan dari peserta rafting sendiri.Sepanjang perjalanan melintasi rute di Sungai Waja, Anda akan disuguhkan lingkungan alam yang tropis dan banyak ditumbuhi pohon kelapa. Yang menarik lagi dari wisata rafting di Sungai Waja ini Anda akan menemukan banyak air terjun alami dengan berbagai ukuran. Anda bisa berfoto ria selama rafting dengan berlatar belakang air terjun. Wah, seru sekali bukan? Apalagi di sebelah utara dalam perjalanan Anda mengarungi sungai, Anda akan disuguhkan pemandangan Gunung Agung yang sangat keren.

Tidak perlu khawatir, meskipun arus jeram di Sungai Waja cenderung ekstrim dan menantang, namun setiap perahu sudah ada guide yang porfesional di bidangnya.Keamanan dan keselamatan penumpang tetap yang diutamakan. Sehingg sebelum mulai rafting, biasanya guide akan memberikan pengarahan tentang posisi duduk yang benar, cara mendayung yang tepat dan bagaimana cara menyelamatkan diri. Selain itu, peralatan rafting yang digunakan peserta tentu saja sudah berstandar internasional.

  1. Watersport di Tanjung Benoa

Tanjung Benoa merupakan salah satu wisata watersport yang sangat populer di Bali.Hampir sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Bali pasti menyempatkan untuk mengunjungi Tanjung Benoa. Disini Anda akan menemukan berbagai macam watersport yang menantang adrenalin. Lokasi wisata ini memang sangat cocok untuk kegiatan wisata yang seru-seruan.Pantainya juga sangat tenang, sehingga aman untuk aktivitas olahraga air. Di Tanjung Benoa Anda bisa menikmati beberapa wahanan seperti Banana Boat, Fly Board, Seawalker, Jetski, Parasailing, Scuba Diving, Snorkeling, Glassbottom sekaligus kunjungan ke Pulau Penyu dan Ikan Terbang.

Tanjung Benoa Watersport sendiri berada di ujung Pulau Bali bagian tenggara dan dekat dengan kawasan Nusa Dua.Dari Bandara Ngurah Rai bisa ditempuh kurang lebih 20 menit.Wisata ini buka mulai dari jam 8 pagi hingga 3 sore.Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi wisata Tanjung Benoa adalah saat sore hari namun sebelum air surut.Karena jika airnya surut, maka wahana-wahana banyak yang ditutup.Tidak perlu khawatir soal keselamatan, karena pengelola wisata ini sudah memberikan asuransi jiwa dan kecelakaan terhadap pengunjung.Oleh karena itu, jangan tergiur paket Water Sport dengan harga yang miring saja, namun mengesampingkan keselamatan.Dari segi harganya sendiri memang bervariasi dan tentunya berbeda antara satu wahana dengan wahana lain.

  1. Paragliding

Tertarik untuk wisata yang lebih ekstrim?Anda bisa menjajal sensasi terbang di atas hamparan laut dengan Paralayang Bukit Timbis Bali.Memang paragliding di Bukit Timbis bukan satu-satunya yang bisa Anda pilih.Namun paragliding di Bukit Timbis ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.Bukit ini menjadi tantangan tersendiri bagi para penggemar olahraga ekstrim paragliding.Tak sedikit wisatawan yang mau jauh-jauh dari daerah bahkan negara lain untuk menjajal olahraga ekstrim satu ini.

Paragliding di bukt timbis, Anda akan menyaksikan keelokan alam yang sangat unik sekaligus sangat indah. Selain hamparan pantai yang menenangkan, Anda akan melihat perpaduan gunung dan jajaran tebing terjal bak lukisan alam yang tak ternilai harganya. Sangat cocok untuk pengunjung yang ingin mendapatkan ketenangan di tengah kesibukan bekerja.Wisata ini berada tak jauh darikawasan Kuta Bali, tepatnya di Desa Kutuh bagian Kuta Selatan, Badung, Bali.Hanya wisatawan-wisatawan tertentu saja yang mengunjungi tempat ini.Karena Bukit Timbis sendiri lebih terkenal sebagao daerah yang membudidayakan rumput laut Bali.

  1. ATV Ride

Menikmati Pulau Bali bisa Anda lakukan dengan cara dan alternatif yang berbeda, yakni ATV Ride. ATV sendiri merupakan kependekan dari All Terrain Vehicle atau dikenal sebagai kendaraan segala medan. Bentuknya yang mirip seperti traktor, banyak wisatawan dari Rusia menyebutnya mini traktor. Kendaraan ini memang ampuh untuk menempuh segala medan. Saat ini, ATV Ride sedang digemari oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara yang bisa dijadikan alternatif liburan yang unik.

Awalnya ATV adalah kendaraan bermotor yang digunakan untuk pertanian dan rekreasi. Kendaraan ini memiliki ban yang sudah dimodifikasi secara khusus untuk medan yang off-road. Dilengkapi dengan mesin berkapasitas 250 cc atau 350 cc membuat kendaraan ini tangguh untuk medan yang ekstrim. Petualangan yangsangat mendebarkan bisa Anda nikmati di wisata ATV Ride. Lalu apa yang diperlukan saat menjajal wahana ini? Pengunjung perlu membawa pakaian ganti, swimsuit, tabir surya (jika perlu), kamera dan sepatu olahraga.Harga sewa ATV Ride sebenarnya sangat bervariasi tergantung dari penyedia jasanya.Namun rata-rata mereka mematok minimal Rp 600.000 untuk single dan Rp 950.00 untuk Tandem. Biasanya harga tersebut sudah termasuk jemput hotel dengan mobil yang full AC, guide profesional dan fasilitas lain seperti ruang ganti, handuk, toilet, makan siang dan asuransi jiwa.

  1. Cruise ke Nusa Lembongan / Nusa Penida

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil di sebelah tenggara Pulau Bali.Akan tetapi secara administratif pulau ini masuk kecamatan di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.Pulau dengan sejuta keindahan yang bisa dinikmati ini mulai menarik minat para wisatawan.Bahkan Nusa Lembongan juga menjadi wisata yang berkembang sangat cepat.Beberapa destinasi wisata yang menarik di Nusa Lembongan diantaranya Jembatan Kuning, Pantai Dream Beach, Goa Gala-Gala, Mangrove Forest, Pantai Mushroom Bay, Devil’s Tears dan masih banyak lainnya. Meskipun berada di pulau kecil, akomodasi ke pulau ini tidak sulit dan sudah banyak hotel maupun villa dengan fasilitas cukup lengkap.

Berlibur di Nusa Lembongan, Anda bisa membeli paket tour yang sedang trend di kalangan wisatawan yakni berwisata dengan cruise di Bali. Bali Hai Cruise ini merupakan salah satu pemberi layanan aktivitas liburan di Nusa Lembongan Bali.Bisa dibilang Bali Hai Cruise berupa kapal yang mewah dengan kapasitas mencapai 400 orang.Wisatawan bisa memboking tiket jauh-jauh hari.Dermaga kapal ini berada di Pelabuhan Benoa Bali. Jam operasionalnya mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Pengunjung bisa memilih paket wisata lengkap yang diinginkan.Bahkan ada paket wisata yang menawarkan aktivitas watersport di tengah laut yang berpusat di Pontoon, yakni sebuah dermaga yang terapung di tengah laut. Di spot ini wisatawan bisa menikmati aktivitas watersport seperti parasailing, banana boat, snorkeling dan lainnya.Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di submarine di Pontoon tersebut.

  1. Naik Kapal Selam Oddyssey Submarine

Oddyssey Submarine merupakan sebuah wisata kapal selam di Bali yang sedang populer.WIsata ini berada di Labuhan Amuk, Karangasem. Anda akan diajak untuk menyelami dasar lautan dengan kedalaman mencapai 35 meter dibawah permukaan laut. Hanya penyelam profesional saja yang bisa mencapai kedalaman ini.Namun dengan wisata Oddisey Submarine ini Anda bisa menikmati dasar lautan tanpa keahlian apapun dan tentunya aman.Menakjubkan sekali bukan?

Oddyssey Submarine memang menyuguhkan sensai yang berbeda bagi pengunjungnya.Anda tidak perlu belajar ilmu diving dan tidak perlu basah-basahan namun bisa menikmati keindahan dasar laut Bali.Kapal selam ini sudah dilengkapi dengan sejumlah jendela kaca tembus pandang untuk melihat laut secara bebas dan maksimal.Kapal Oddisey Submarine ini sudah memiliki teknologi canggih dengan tidak menggunakan bahan bakar minyak yang dapat membahayakan biota laut.Yang lebih keren, kapal ini hanya beroperasi di Labuhan Amun dan Maui USA saja. Tentunya pengalaman di Oddyssey Submarine akan menjadi sesuatu yang sangat berharga dibanding mengunjungi wisata yang mainstream lainnya.

  1. Safari Explore (naik mobil VW Safari)

Nikmati suasana yang berbeda ketika liburan di Bali dengan  VW Safari, mobil jadul yang keren. Wisata ini menawarkan paket tour untuk mengendarai mobil VW Safari asli buatan Jerman.Mobil yang keren dengan kap atasnya bisa dibukan dan ditutup sesuai keinginan pengguna.Mobil ini akan menemani Anda untuk menikmati keindahan alam bebas di Pulau Bali. Tidak perlu khawatir karena disini Anda akan ditemani oleh para driver atau guide yang profesional untuk menjamin keselamatan Anda.

Mengendarai mobil VW Safari memungkinkan Anda untuk menghirup udara segar khas pedesaan yang masih asri. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, wana wisata ini bisa jadi alternatif liburan Anda.Dijamin Anda tidak akan bosan menaiki VW Safari ini karena rutenya berbeda dengan tour lainnya. VW Safari lbih menunjukkan sisi lain dari kehidupan di Bali. Dimana Anda akan disuguhkan pemandangan aktivitas pedesaan yang sangat tradisional. Anda bisa menyaksikan bagaimana kehidupan umat Hindu di Pulau Bali.

Untuk VW Safari Tour sendiri dibagi menjadi beberapa paket tour, yakni Jati Luwih VW Safari, Batur Vulcano dan East Bali Tour.Setiap paket tour memiliki harga yang berbeda tergantung dari lama jarak tempuhnya.Harga VW Safari mulai dari Rp 390.000 hingga Rp 450.000 per paketnya.Namun harga bisa berubah jika saat musim weekend atau libur panjang.

  1. Black Lava Tour

Selain tour dengan VW Safari, wisatawan Bali juga dapat menikmati kendaraan Off-Road untuk menjelajahi lava hitam di Gunung Batur, tepatnya di kawasan Kintamani.Biasanya paket Black Lava Tour sudah menawarkan jemput dari hotel hingga kembali ke hote. Anda akan diajak untuk melalui hutan hujan tropis yang indah dengan kendaraan off-road 4WD. Sepanjang rute, Anda akan melihat sawah dan daerah pertanian yang sangat menyejukkan mata. Tidak hanya pemandangan Gunung Batur saja, dengan Black Lava Tour Anda juga akan disuguhkan keindahan Danau Batur. Anda juga akan ditawarkan untuk menikmati pemandian mata air panas di daerah Kintamani. Disini Anda bisa berenang atau sekedar bersantai saja.

Nah, itulah 9 aktivitas wisata seru di Bali yang sayang dilewatkan.Tentu saja masing-masing wana wisata menawarkan kelebihannya masing-masing untuk menarik minat wisatawan.Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung atau belribur ke Bali, wajib menyempatkan berwisata di spot-spot yang sudang disebutkan diatas.Semoga informasi in bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung mencari alternatif liburan yang anti main stream di Pulau Bali.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.