Beranda » Culture » 9 Wisata Alam Bali yang Nggak Boleh Dilewatkan

Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, tentu berkunjung ke Bali merupakan impian semua orang. Bahkan, banyak warga asing yang mengenal turis tapi tidak mengenal Indonesia. Selain menyuguhkan pantai yang indah untuk surfing atau berjemur, ternyata Bali juga memiliki objek wisata alam yang nggak kalah mempesona loh. Pemandangan yang disuguhkan sangat asri dan sejuk, sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga. Penasaran? Yuk, langsung saja simak daftar 9 wisata alam Bali yang wajib dikunjungi berikut.

Rekomendasi 9 Wisata Alam Bali Terpopuler

1. Tanah Lot

Tanah Lot

List pertama dari wisata alam Bali yang bakal nyesel banget kalau dilewatkan yiatu Tanah Lot. Pada objek wisata ini, pengunjung akan disuguhi dengan keindahan Pura Tanah Lot yang berdiri kokoh di tengah laut. Pura ini hanya bisa dikunjungi saat surut karena ketika pasang jalan penghubungnya terendam air laut. Ketika pasang ombak yang datang menghempas pura menciptakan ilusi yang menarik, termasuk suara deburannya. Sayang, pengunjung non hidu tidak bisa masuk ke dalam pura.

Jika berkunjung pada hari-hari besar umat hindu, maka Anda bisa menyaksikan upacara keagamaan dengan diiringi musik khas Bali. Momen yang teapt untuk berkunjung ke Tanah Lot yiatu ketika sore hari sekitar jam 17.00. Kilatan cahaya sunset yang terpancar diatas lautan menyuguhkan moment yang hangat dan romantis. Bahkan, jika beruntung pengunjung bisa menikmati sunset sambil melihat pertujukan tari khas Bali yiatu Tari Kecak (Kecak Dance Fire Show) di pelataran Taman Budaya Surya Mandala.

Selain memiliki wisata religi, di sekitar Pura Tanah Lot juga ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi seperti Gua Ular Suci dan Gua Air Suci yang saling berhadapan. Pada Gua Air Suci terdapat air suci yang dikeramatkan oleh masyarakat Bali. Meskipun bersifat keramat, pengunjung tetap diperbolehkan untuk meminum ataupun menggunakannya untuk membasuh muka dan tangan. Selain itu, di Tanah Lot juga terdapat pasar oleh-oleh yang menjual semua pernak-pernik khas Bali.

Wisata alam Tanah Lot berlokasi di Beraban, Kediri, Tabanan. Dari pusat kota Tabanan sekitar 13 km. Jika dari Bandara Internasional Ngurah Rai, pengunjung membutuhkan waktu satu jam untuk tiba di tempat wisata ini.

2. Jatiluwih Rice Terrace

Jatiluwih Rice Terrace

Ketika hidup di wilayah perkotaan, penduduk akan jarang menemukan tempat-tempat yang menyejukkan. Kurangnya lahan ruang terbuka hijau dengan jumlah kendaraan yang membludak membuat kota menjadi tempat yang paling tidak nyaman untuk bersantai. Nah, buat Anda yang hidupnya di wilayah perkotaan wajib banget mengunjungi objek wisata Jatiuwuh Rice Terrace. Di sini, pengunjung bisa menghirup udara sejuk dan alami sambil menikmati hamparan persawahan yang luas. Warna hijau yang disuguhkan dijamin membuat mata adem.

Jatiluwuh Rice Terrace ini menyediakan lahan padi dengan luas 600 Ha yang terbentang sepanjang kaki Gunung Batukara. Persawahan ini berbentuk terasiring menyesuaikan dengan topografi pegunungan. Area persawahan ini diirigasi menggunakan subak yaitu sebuah pengelolaan air yang dilakukan secara tradisional. For your information nih, area persawahan yang paling terkenal di Bali ini diapresiasi oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia sejak 26 Juli 2012.

Selain menyuguhkan hamparan persawahan nan hijau, di sini Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Batur yang indah ketika dikelilingin kabut. Momen yang tidak boleh dilewatkan saat berlabuh ke Jatiluwuh Rice Terrace yiatu suasana sunrisenya yang menawan. Pengunjung juga bsia berkeliling sawah dengan pasangan menggunakan sepeda untuk menambah romansa keluarga kecilnya. Guna memenuhi kebutuhan pengunjung, di sekitar objek wisata ini juga terdapat beberapa kafe dengan view persawahan.

Anyway, Presiden Obama saja berkunjung ke sini, masa Anda yang ngakunya orang Indonesia nggak tertarik?

3. Candi Kuning Danau Beratan Bedugul

Candi Kuning Danau Beratan Bedugul

Ada yang udah pernah ke wisata alam Bedugul belum? Kalau udah pasti tahu dong Danau Beratan Bedugul ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indah. Bahkan, objek wisata ini sampai diabadikan pada mata uang 50.000. Di danau ini, pengunjung akan disuguhkan sebuah danau dengan backgroud Gunung Catur. Danau ini merupakan danau terluas kedua yang ada di wilayah Bali. Lokasi tepatnya yiatu di Desa Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Danau ini merupakan ikon wisata Candi Kuning.

Selain menyuguhkan wisata alam danau yang menenangkan dan menyejukkan karena terletak di dataran tinggi, di tengah-tengah danau juga terdapat Pura Ulun Danu yang sering dijadikan tempat upacara masyarakat hindu. Pada danau ini, pengunjung juga bisa menikmati berbagai permainan air seperti parasailing, jetsky, kano ataupun sekedar memancing.

Danau Beratan Bedugul memiliki pemandangan paling indah ketika di pagi hari dimana pada air danau terpantul bayangan Pura Ulun Danu. Selain itu, di pagi hari pengunjung bisa menikmati pemandangan gunung yang berselimut kabut. Jika ingin berkunjung ke danau ini sebaiknya tidak terlalu sore karena kabut akan turun dan menyelimuti jalanan. Hal ini cukup membahayakan karena jalanan ke Bedugul berliku tajam.

Sambil berkunjung ke Bedugul, Anda juga bisa sekalian mampir ke Kebun Raya Bedugul yang jaraknya hanya 3 kilometer. Nah, Danau Beratan Bedugul ini lokasi yang sangat tepat nih buat para wisatawan muslim. Candikuning merupakan salah satu lumbung Muslim Bali yang mayoritas penduduknya beragama Islam sehingga muslim traveller nggak perlu khawatir kesulitan mencari makanan halal.

4. Wanagiri Hidden Hills

Wanagiri Hidden Hills

Kalau Jogja punya wisata alam Kalibiru, di Bali ada yang namanya Wanagiri Hidden Hills. Objek wisata alam ini terbilang masih baru dan intagrammable sehingga menjadi favorit para remaja kekinian yang doyan pamer momen di medsos. Wisata alam di yang berlokasi di Jl. Munduk, Wanagiri, Sukasada, Buleleng ini dijamin bakal bikin pengunjungnya jatuh hati.

Wanagiri Hidden Hills merupakan sebuah objek wisata alam pegunungan dimana pengunjung dapat menikmati bentang alam yang sejuk dengan latar hamparan Danau Tamblingan dan Danau Buyan yang dikelilingi perbukitan. Pada objek wisata ini, pengunjung telah disediakan beberapa tempat yang sangat indah untuk dijadikan spot foto, mulai dari ayunan di ketinggian, sarang burung berukuran besar, miniatur menara eifel ala Indonesia serta anjungan berbentuk kapal.

Spot terbaik untuk foto di tempat wisata alam ini yiatu giant swing (ayunan raksasa). Di tempat ini, pengunjung akan menikmati ayunan yang tergantung pada pohon besar dan tinggi dengan pemandangan danau di bawahnya. Ayunan tersebut lumayan besar dan muat untuk dua orang, bisa nih dijadikan sasaran prewed dengan pasangan. Bisa bayangin kan betapa romantisnya.

Dibandingkan objek wisata lainnya, Wanagiri Hidden Hills terbilang sangat bersahabat di kantong. Untuk bisa mendapatkan gambar terbaik di tempat menarik ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000,- sebagai tiket masuk. Untuk bisa menikmati spot-spot foto agar nantinya bisa dipamerkan, Anda cukup menambah biaya Rp 10.000,-. Sangat murah kan untuk wisata sekelas Bali?

5. Desa Adat Penglipuran

Desa Adat Penglipuran

Nggak hanya menawarkan keindahan pantai dan perbukitar, di Bali juga ada sebuah desa wisata yang sangat trekenal yiatu Desa Adat Penglipuran. Desa wisata ini terletak kaki Gunung Batur, tepatnya di Kecamatan Kubu, Bangli. Desa ini sangat populer dan telah dijadikan sebagai kawasan wisata karena keindahannya dan kebersihannya. Di sini, pengunjung tidak akan menemukan sampah berserakan. Bahkan, desa ini juga dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di Dunia loh. Keren kan?

Di desa ini, rumah-rumahnya tersusun rapi di setiap sisi jalan utama mulai dari ujung utama desa hingga ke bagian hilir desa. Pada ujung utama yang merupakan sisi tertinggi terdapat sebuah pura desa. Setiap rumah memiliki gerbang (angku-angkul) yang sama sehingga terlihat seragam dan rapi, perumahan saja kalah rapi loh. Selain itu, setiap rumah juga memiliki lorong penghubung antar rumah, jadi nggak heran kalau di sini kerukunannya patut diacungi jempol.

Selain bentuk rumah yang seragam, keunikan yang dimiliki Desa Adat Penglipuran yaitu adanya aturan adat yang membatasi warga laki-lakinya. Di sini, setiap laki-laki hanya boleh memiliki satu istri. Sebagai desa wisata, tentunya di sini pengunjung juga bisa menemukan banyak tempat makan maupun oleh-oleh. Namun, semuanya dijual di pekarangan rumah guna menjaga agar desa tetap terlihat rapi dan memukau.
Kelebihan lainnya yang dimiliki desa ini yaitu adanya pepohonan di setiap sisi jalan maupun di dalam pekarangan rumah sehinggga membuat lingkungan tetap asri. Nah, desa ini juga sangat cocok buat Anda yang mecari tempat refreshing bebas populi karena di desa impian ini kendaraan bermesin dilarang masuk.

6. Kintamani

Salah satu tempat di Bali dengan pemandangan alam yang cantik dan eksotis yaitu Kintamani. Salah satu kecamatan di Bangli ini menawarkan keindahan pegunungan yang berbaur dengan hamparan danau yang luas. Di sini, pengunjung bisa menikmati keasrian Gunung Batur yang di kelilingi Danau Batur di salah satu sisinya. Danau ini berbentuk menyerupai bulan sabut dan sering dianggap sebagai kaldera terindah oleh wisatawan.

Kintamani juga memiliki desa Bali Aga atau peradaban Bali kuno yang masih sangat kental dengan adat istiadat yaitu Desa Terunyan. Tahu nggak sih, di desa ini orang yang meninggal memiliki perlakukan berbeda dari tradisi umat Hindu pada umumnya loh? Di sini, orang yang meninggal jasadnya tidak dikubur ataupun dibakar, melainkan diletakkan di bawah pohon. Uniknya, jasad tersebut tidak bau meskipun sudah berhari-hari. Keunikan tradisi ini juga pernah ditampilkan di salah satu acara TV nasional.

Saat berkunjung ke Kintamani, salah satu lokasi terbaik yang nggak boleh dilewatkan yaitu mampir ke Sari Mountaint Restaurant Kintamani. Restaurant ini berada di sebuah dataran tinggi (tebing) dengan view langsung menhadap ke Gunung Batur dan Danau Batur. Namun, pengunjung harus berhati-hati karena tepat di ujung mejanya merupakan jurang. Restaurant prasmanan ini menyajikan beragam pilihan menu makanan khas Bali, Indonesia dan Western. Selain itu, saat mampir ke sini Anda harus mencicipi kopi Kintamani yang sangat terkenal.

7. Tegallalang Rice Terrace

Selain Jatiluwih Rice Terrace, salah satu area persawahan terasiring di Bali yang terkenal yaitu Tegallalang Rice Terrace. Ikon pariwisata pertanian Bali ini terletak di Jl Tegalalang, Banjar Ceking, Ubud, Gianyar, Bali. Sama halnya dengan persawahan terasisring lainnya, di sini irigasi juga dilakukan dengan menggunakan subak (pengairan bertingkat). Selain berfoto dengan pemandangan sawah hijau yang menyejukkan mata, pengunjung juga bisa melihat para petani yang sedang bekerja. Tak sedikit pula para turis yang mengabadikan momen tersebut dalam sebuah foto.

Di sekitar area persawahan juga banyak restauran atau café yang bisa digunakan sebagai tempat nongkrong sambil menghirup udara segar dan asri. Selain itu, di sini juga terdapat sentra industri kerajinan tangan yang recommended untuk dijadikan oleh-oleh seperti tas, kerajinan kaca, ukiran kayu ataupun vas bunga.

8. Ubud

Pura Tirta Empul

Berbicara soal Bali tentunya nggak bisa lepas dari pembahasan terkait Ubud. Pusat kesenian dan budaya Bali ini selalu menarik untuk dikunjungi para wisatawan, terutama yang menjunjung tinggi seni. Di sini, pengunjung akan sangat mudah menemukan galeri seni dari berbgai bidang seni. Salah satu museum yang sangat terkenal di Ubud yiatu Museum Neka Ubud yang menyuguhkan beragam hasil lukisan dari oelukis terkenan di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi museum tertua Bali yang berlokasi di Ubud yiatu Museum Puri Lukisan Ubud, di museum ini tiak hanya menyuguhkan lukisan tradisional yang artistik tetapi juga beragam ukiran kayu tradisional yang indah.

Tidak hanya populer dengan keseniannya, Ubud juga dikenal wisatawan dengan area persawahan dan pedesaannya yang indah. Beberapa tempat wisata di wilyaha Ubud yiatu Monkey Forest Ubud, Arung Jeram di Sungai Ayung, Desa Wisata Nyuh Kuning Village, Pura Tirta Empul Tampak Siring dan Candi Tebing Gunung Kawi. Selain itu, di Desa Taro Ubud, pengunjung juga bisa menikmati rasanya menunggangi gajah.
Saat mampir ke objek wisata Ubud, pastikan untuk mengunjungi Pasar Seni Sukawati. Di sini pengunjung bisa mendapatkan oleh-oleh dengan harga miring asalkan pandai dalam hal tawar menawar. Tidak hanya menjual pernak-pernik kerajinan tangan, ada juga makanan khas Bali yang bisa dinikmati di Pasar Sukawati. Menariknya, pasar ini pernah dijadikan sebagai lokasi scene film Eat, Pray, Love yang biperankan oleh Julia Robert loh.

9. Bukit Campuhan Ubud

Bukit Campuhan Ubud

Objek wisata alam lainnya yang dijamin nggak bakal nyesel berkunjung yaitu Bukit Campuhan Ubud. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati keindahan Ubud dari ketinggian. Rute untuk menuju bukit ini tidak terlalu terjal, cocok untuk dijadikan olehraga ringan dengan pasangan. Tempat ini juga tidak buruk untuk dijadikan lokasi jogging. Tak sedikit juga yang menjadikan bukit ini sebagai rute bersepeda di pagi hari. Untuk memudahkan pengunjung, pada bukit ini sudah dibuatkan jalan setapak dengan lebar 1,5 meter.
Pemandangan Bukit Campuhan Ubud ini sangat asri dan alami. Jalanan setapak yang panjang dengan dikelilingi rerumputan dan pepohonan hijau bagus untuk dijadikan sebagai tempat berfoto. Bahkan, di sini juga disediakan beberapa ayunan di tengah perbukitan hijau yang berjajar. Saat yang tepat untuk mengunjungi bukit ini yaitu di pagi hari untuk menikmati sunrise ataupun kabut.

Berwisata ke Bali nggak melulu hanya untuk menyambangi Pantai Kuta loh. Banyak objek-objek wisata yang menarik, menyenangkan dan jauh lebih indah daripada hanya melihat turis berjemur di sekitar pantai. Nah, dari 9 wisata alam Bali yang wajib untuk dikunjungi ketika melabuhkan diri ke Pulau Dewata, kira-kira mana nih yang paling ingin kamu datangi?…

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.