Beranda » Info Wisata » Pemandangan Alam Asri di Tegallalang Rice Terrace

Mungkin sawah tidak begitu menarik bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di pedesaan. Sawah menjadi tempat yang hampir setiap hari dilihat oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun di Bali, tepatnya di Tegallalang Rice Terrace, sawah menjadi tempat yang menarik bagi banyak wisatawan khususnya wisatawan asing. Pemandangan hijau adalah sajian utama di tempat wisata terkenal ini. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan oleh wisatawan selama berada di persawahan tersebut. Walaupun hanya sawah, tempat ini memiliki pesona karena pemandangan yang berbeda dari sawah pada umumnya. Berikut adalah gambaran keindahan persawahan di Tegallalang dan hal menarik yang bisa Anda lakukan di sana.

Menikmati Persawahan yang Menyenangkan

Lokasi dari tempat wisata ini berada di Kecamatan Tegallalang dan dekat dengan kawasan wisata Ubud, Bali. Maka dari itu banyak wisatawan yang mengenal tempat ini sebagai sawah terasering Ubud. Dari pusat kota Ubud, tempat ini hanya berjarak sekitar 5 km saja. Terasering persawahan ini juga dekat dengan objek wisata terkenal seperti Kintamani. Tegallalang Rice Terrace berada dekat dengan jalan raya sehingga mudah untuk diakses oleh wisatawan. Untuk parkir kendaraannya pun ada yang menggunakan bahu jalan. Kawasan ini merupakan salah satu destinasi wisata menarik terutama bagi wisatawan dari luar negeri yang jarang atau tidak pernah melihat sawah di tempat asalnya.

Wisatawan bisa melihat pemandangan sangat hijau di kawasan ini. Dengan terasering yang tajam dan dikelilingi oleh berbagai pepohonan tropis menjadikan tempat ini benar-benar menyejukkan mata. Terasering di tempat ini sering kali menjadi objek wisata menarik bagi wisatawan. Tegallalang Rice Terrace memiliki suasana asri yang cocok untuk wisatawan yang mencari ketenangan. Hijau dan damai adalah gambaran jelas dari tempat menarik ini. Suhu di tempat ini pun tidak terlalu panas sehingga banyak wisatawan yang senang berada di Tegallalang. Suhunya juga tidak terlalu dingin, maka dari itu pengunjung khususnya wisatawan asing betah untuk berada di tempat ini. Wisatawan bisa berkeliling dan berjalan di jalan sawah. Namun perlu berhati-hati karena ukuran jalan sawah yang tidak begitu lebar dan posisi persawahan yang berada di tanah miring.

Saat padi berusia tua dengan warna hijau merupakan waktu paling baik untuk menikmati tempat ini. Namun wisatawan tentu tidak bisa setiap hari menikmati persawahan hijau mengingat periode panen yang biasanya 3 bulan sekali berganti. Menjelang padi berisi, pemandangan di Tegallalang Rice Terrace semakin menguning. Warna padi yang berubah tersebut tentu menjadi pemandangan di tempat ini berbeda. Wisatawan bisa berfoto dengan pemandangan sawah yang menguning. Jika semua petak sawah memasuki masa panen, pemandangan di sana menjadi lebih bagus seperti sebuah lahan emas dengan padi yang telah menguning.

Terasering sawah di Tegallalang juga menjadi tempat menarik ketika tiba musim panen. Wisatawan bisa melihat langsung para petani yang memanen padi. Suasana di sana akan lebih ramai karena petani yang banyak berdatangan. Setelah musim panen selesai adalah waktunya untuk menggarap sawah. Membajak dan mengolah sawah untuk persiapan penanaman bibit padi. Tegallalang Rice Terrace menjadi tempat yang menarik dengan para petani yang sedang mengolah sawah. Wisatawan bisa melihat atau pun bercengkerama dengan petani lokal. Kegiatan petani yang bisa diamati wisatawan adalah saat mengairi persawahan. Petani di sana menggunakan subak untuk mengatur aliran air yang masuk ke petak-petak sawah.

Cara menikmati tempat ini adalah dengan menyusuri persawahan dan mengambil foto yang keren. Untuk menikmati semua itu, wisatawan tidak akan dipungut tiket masuk alias gratis. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya jika memarkir kendaraan di sana. Selain keliling dan berfoto, kegiatan lain yang bisa dilakukan oleh pengunjung adalah bersantap di restaurant. Pemandangan sawah akan memberikan nuansa makan yang berbeda. Bersantap akan tambah nikmat dengan sajian pemandangan indah dari Tegallalang Rice Terrace. Di tepi atas tempat ini, banyak restaurant dan gubuk untuk wisatawan beristirahat. Sambil makan atau duduk santai, Anda bisa memandang pesona terasering yang posisinya di bawah tempat Anda.

Sepanjang jalan di kawasan ini terdapat banyak toko souvenir untuk membeli oleh-oleh. Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang wisatawan adalah produk kerajinan tangan yang dibuat dengan cara handmade. Hiasan dari kayu seperti bentuk hewan, vas bunga, dan bentuk lainnya. Tidak perlu khawatir, karena souvenir di tempat ini cukup terjangkau. Hampir 10 km jalanan di Tegallalang Rice Terrace berjejer banyak toko kerajinan atau pun showroom. Wisatawan bisa memilih dengan puas untuk oleh-oleh khas Tegallalang. Tegallalang merupakan salah satu tempat pembuatan berbagai kerajinan, ukiran, dan lukisan Khas Bali. Untuk kaum hawa, ada banyak toko yang menawarkan berbagai model tas unik yang dibuat oleh pengrajin asal Tegallalang.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.